Breaking News
Loading...
Monday 14 December 2015

Seminar Sikap Geologi Menghadapi Krisis Global dan Peresmian SM IAGI-UIR


Seminar Sikap Geologi Menghadapi Krisis Global dan Peresmian SM IAGI-UIR
Oleh: Arniati Kurniasih



 


            Sabtu, (12/12) pukul 08:30 WIB Prodi Teknik Geologi Universitas Islam Riau mengadakan seminar, sekaligus pelantikan kepengurusan Seksi Mahasiswa Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Universitas Islam Riau (SM IAGI-UIR). Acara ini berlangsung di gedung aula Fakultas Agama Islam UIR, yang dihadiri langsung oleh Ketua IAGI Ir. Sukmandaru Prihatmoko, M.Sc dan Ketua Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia (MGEI) Arif Zardi D., ST. MT, dan juga dihadiri oleh Ketua IAGI Pengda Riau Ir. Gantok Subiyantoro, MT dengan tema seminar “Sikap Geologi Menghadapi Krisis Global”.
            Dalam seminar, Sukmandaru Prihatmoko sebagai pembicara menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan krisis global itu sendiri adalah menurunnya persediaan dan produksi sumber daya yang ada di bumi, akibatnya lulusan geologi kedepannya akan lebih keras lagi berkompetisi untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.

             
Ir. Sukmandaru Prihatmoko, M.Sc saat memberikan materi

 Krisis global itu sebuah siklus yang naik turun, jadi sebagai ahli geologi harus siap untuk mengatasi hal tersebut, dan harus dapat melihat peluang yang ada dari krisis itu. “UIR harus mempunyai ciri khas dari apa yang bisa dikembangkan, supaya pada saat bersaing nanti lulusan Teknik Geologi UIR ini memiliki kekuatan tersendiri.” ungkap Sukmandaru Prihatmoko.
            Tahun ini mulai diberlakukannya masyarakat ekonomi ASEAN, menjadi peluang bagi pasar kerja geologi Indonesia tidak hanya di Indonesia tapi juga di ASEAN. Indonesia saat ini sudah mendapatkan peluang, karena ahli geologi Indonesia sudah diakui di level dunia “Di Kamboja prospek pertambangannya cukup besar, tetapi tidak ada satu Universitas pun yang menyediakan jurusan geologi, itu membuktikan bahwa kita lebih baik dari negara-negara lain” jelas Arif Zardi.
            Acara terakhir adalah pelantikan SM IAGI-UIR, yang dilantik langsung oleh ketua IAGI pusat. Kepengurusan ini adalah yang pertama kalinya di teknik geologi UIR. “Mendapat tanggung jawab baru sebagai awal untuk memajukan geologi, dan mengenalkan geologi yang ada di UIR melalui kerjasama yang baik dari seluruh keluarga besar teknik geologi UIR” ungkap Ziadul Faiez, ketua SM IAGI-UIR yang baru saja dilantik.

                                             

 













 Ir. Sukmandaru Prihatmoko, M.sc bersama Ziadul Faiez saat memberikan SK Kepengurusan SM IAGI-UIR
            Arif Zardi juga berharap, dengan dimulainya SM IAGI-UIR ini kedepannya dapat menjalin silaturahmi yang baik antara IAGI dengan Universitas Islam Riau khususnya Prodi Teknik Geologi, dan dapat menjadi generasi penerus aktivis Geologi berikutnya di masa yang akan datang.



 

 Foto bersama Pengurus Inti SM IAGI-UIR dengan Ketua IAGI, Ketua MGEI, Ketua IAGI Pengda RIAU, Kaprodi beserta Dosen T. Geologi UIR       

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer