Breaking News
Loading...
Tuesday 19 April 2016

WORKSHOP WELL LOG AND EXPLORATION DRILLING IN PETROLEUM INDUSTRY

Pekanbaru, Universitas Islam Riau, Jumat, (08/04) – pukul 14:00 WIB, Seksi Mahasiswa Ikatan Ahli Geologi Indonesia Universitas Islam Riau (SM-IAGI UIR) dibantu oleh Prodi teknik Geologi Mengadakan workshop dengan tema “Well Log And Exploration Drilling In Petroleum Industry” yang dibawakan oleh Mohammad Syaiful sebagai pembicara. Workshop ini dilaksanakan di ruang kelas fakultas teknik dan dihadiri oleh mahasiswa teknik geologi dan juga teknik perminyakan universitas islam riau.
Syaiful ketika memberikan materi

Dalam materinya syaiful menerangkan mengenai cara-cara eksplorasi khususnya pada dunia MIGAS. Mulai dari alat yang diperlukan sampai proses-prosesnya (Drilling). Beliau juga membahas mengenai data well log menggunakan metode geofisika (Seismik). Satu persatu ia jelaskan cara pembacaan data gelombang seperti gamma ray, sonic dan lainnya. Khusus bagi seorang geologist tentunya harus dapat membaca data ini dan menginterpretasikannya.

Data tersebut berguna untuk menentukan jenis litologi yang ada di subsurface, melalui gabungan data dari sejumlah gelombang. Disamping metode ini lebih ekonomis dibanding metode lainnya, dan juga cukup mumpuni. “setiap metode pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing” ujar syaiful. Terakhir beliau mengatakan bahwa dalam menganalisis dan mengkorelasikan sesuatu tak butuh satu metode saja, juga harus menggunakan metode lain dan menggabungkannya.


0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer